Suki Tomyam Pedas Ala Paci

by - Oktober 25, 2019

Hiii foodies kali ini aku akan membahas cemilan sekaligus bisa temen makan nasi.
Kalian pastinya udah ga asing lagi dong yang namanya suki? yuppppz! Bakso seafood yang bisa disulap menjadi makanan ataupun camilan. Suki bisa dibuat berbagai macam masakan seperti suki bakar, bisa dicampur dalam masakan misalkan soup , atau disemur dan Tomyam kaldu dan pedas. Nah, kali ini aku akan berbagi resep suki tomyam pedas ala paci.


Awalnya emang kepengen makan suki kuah tomyam tapi berhubung waktu dan lokasi nya juga lumayan jauh dan waktu juga kurang dan ga ada temennya mau kesana, kan ga lucu dong sendiri sendiri makan diresto hihihi, jadi aku pikir mending aku coba buat sendiri dirumah dan dapetnya banyak ya.

Suki tomyam pedas ini jujur aku baru pertama kali membuatnya dan aku pun merasa setelah masak rasanya biasa aja dan menurutku aneh ngga tau entah aku salah resep dan aku ga suka rasanya mungkin emang begitu rasanya karena aku lebih suka suki kuah tomyam yang bening atau kaldu. Sempet mikir Apa mungkin masakanku gagal  but menurut ibuku enak, dan aku ga akan nyerah aku bakalan coba lagi next time :D


Langsung aja ya ga sih paci ? Banyakan cerita nih :D udah ga sabar ya ? Nungguin resepnya?

Okee pertama kalian mesti siapin dulu bahan-bahannya dan bahan bahannya kalian bisa beli dipasar swalayan dan mungkin di tradisional ataupun minimarket ada juga tapi aku belinya di swalayan karena semuanya lengkap disana.

Bahan yang mesti kalian persiapkan yaitu yang pasti bakso seafood nya a.k.a suki cukup 1/4 kg atau 1/2 kg dan kalo 1/2 kg aku bisa bikin 2 kali masing masing dapet 2 porsi karena berhubung dirumah cuma ada aku dan ibuku jadi ga masak banyak :D. Selanjutnya kalian siapin jamur enoki, pokcoy nah, kalo ga ada pokcoy kalian bisa ganti sama sawi juga gapapa.Jangan lupa siapkan air bersih untuk kuahnya. Nah, itu dia bahan dasarnya untuk bahan bumbu aku tulis list dibawahnya biar yang kalian ga bingung bacanya.

Bumbu halus : 
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2-3 butir kemiri
5 batang cabe keriting (boleh lebih buat yang suka pedes)

Bumbu kasar :
1 ruas lengkuas (memarkan)
1 ruas jahe (memarkan)
3 lembar daun jeruk
1 sdm saos tiram
1 sdm cabai bubuk (yang aku gunain disini cabe bubuk dari kobe)
Merica bubuk secukupnya



Cara membuat 
Pertama untuk bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabe ditumis dan masukkan juga lengkuas, jahe kemudian tambahkan air bersih dilanjut dengan menambahkan saos tiram dan cabe bubuk serta daun jeruknya.


Biarkan sampai mendidih dan kalo udah mendidih kalian masukkan bakso seafood nya (sebelumnya jangan lupa dicuci dulu ya bakso seafood nya), masukkan jamur enoki dan pokcoy/sawi. Masak hingga semuanya matang.


Proses masak setelah bakso seafood nya dimasukkan itu sekitar 15-20 menit aja dan kalo udah masak. Suki tomyam pedas udah siap disantap.

Gampang banget ga sih ? Iya kan daripada beli kalo bisa bikin sendiri kan lebih banyak dan hemat juga but ini cuma referensi aja buat yang ga punya waktu atau kalo pengen masak sendiri resep ini bisa dicobain dirumah.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah baru kemarin banget nih nyobain masak tomyum, aseli seger bangettt.

    BalasHapus